Saturday, July 21, 2007

ASI - Komponen yang terkandung di dalamnya

Tak terbantahkan, sebegitu besarnya mangpangat ASI (aer syusyu ibu) bagi kelangsungan hidup para bayi. Tidak ada yang bisa menandingi asi, begitu kata para pakar ilmiyah.
Semahal-mahalnya susu bubuk, masih lebih bagus ASI, yang murah meriah lagi geratis.
Bagi ibu-ibu yang mengalami defisit dalam per-gizi-an pun, ASI dalam tubuhnya masih lebih baik di berikan kepada bayinya daripada membeli susu di toko yang menguras budget keuangan keluarga. Bener-bener ASI tuh living liquid... aliyas darah putih kehidupan :-)

Kandungan n komposisi penyusun ASI bisa berubah-ubah dari hari ke hari dan berbeda tiap ibu yang satu dengan yang lain. Juga fisik ASI tidak sama dengan formula yang tampak kental dan putih tea. ASI, menurutku, tampak lebih encer.

Nah ini aku hunting dari beberapa bacaan yang mengulas tentang ASI, aku tulis zat apa saja yang terkandung di dalamnya. Garis besar dan perkiraannya sbb:
  1. Kurang lebih 60% Protein dadih (whey)
  2. Kurang lebih 40% protein kasein
  3. Enzim lipase
  4. Taurin
  5. AA (Arachidonic Acid)
  6. DHA (Decosahexanoic Acid)
  7. Berbagai macam antibodi (immunoglobulin, lysosum dll)
  8. Semua Vitamin (trutama A, D, E, K)
  9. Semua mineral (trutama na, zn, kalsium dll)

Untuk anak-anak selepas 6 bulan yang sudah mendapatkan makanan selain ASI, dalam setiap 500ml ASI menyuplai kira-kira 31% energi, 38% kebutuhan protein, 45% kebutuhan vitamin A, 95% kebutuhan vitamin C. Sisanya dicukupi dari makanan.

Intinya sih, apa yang diiklankan pabrik susu formula di TV sudah tersedia semua dalam ASI. Apalagi jika di dukung kondisi kesihatan ibunya yang prima, sudah pasti ASI yang di hasilkannya bermutu prima pula. Mungkin, jikalau andaikan misalnya umpama ASI dengan mutu super duper prima di perjual belikan, harganya akan lebih mahal dari susu kaleng manapun juga hehehe...

No comments:

Post a Comment