Sunday, August 24, 2014

Belajar Cepat Laravel PHP Framework Menggunakan Windows! Part 1

PRAKATA


Buat sodara-sodara sekalian yang hendak memulai mengenal php framework lain di mana termasuk kategori framework sejuta ummat.. kita sama-sama belajar Laravel yuk!!!

Oh ya selama ini untuk mengisi waktu luang sebagai ibu rumah tangga, gw menggunakan codeigniter. Terakhir sih URL masih di mari..

Codeigniter telah menemani gw selama bertahun-tahun kerja secara freelance ( baik freelance sungguhan maupun freelance abal-abal )
Dari gw ngga bisa sama sekali, sampe setengah bisa .. ( ga pernah sampe tingkat master lah gw.. )
Sampai saat ini pun ( 2014 ini)  gw akui masih kecanduan Codeigniter a.k.a CI ini.
Alesannya simple.. gw kadung demen copy paste dari proyek di masa lalu heheheh... :-D

Hingga gw baca status update di EllisLab


Berita basi ini telah menghantuiku selama ini... Lhah gimana... seperti halnya fashion, kalao kita ngga ikut trend... pasti kita berasa buluk dan jadul banget..

Gimana dong penetrasi pasar gw nantinya huehuehe..

Client sih sebodo aja kita mau pake apa di balik layar.. penting pas deadline... hasil muncul. Bukan begitu?
Masalah framework ini hanyalah masalah eksistensi gw sebagai developer abal-abal, masa iya framework kadaluwarsa masih gw pakai? ibaratnya kalo makanan aja.. kita udah haram banget nelennya.. 

Yah sutralah.. akhirnya gw siap-siap migrasi menggunakan Laravel. Niat gw padal pake Zend Fr.. Entah mengapa niat gw ngga sinkron dengan tindakan gw yg malah ngedonlot Laravel.

Iqro sana Iqro sini  .. akhirnya kesimpulan gw tentang penggunaan Laravel adalah sebagai berikut (FYI: environment gw adalah windows yah ) :

1. Step 1: kita download dulu dengan apa yang di sebut dengan "Composer". Penjelasan tentang komposer ini bertebaran di google.. ( gw sampe kira ini ada hubungannya sama music huehuehueh )





To be continue ya.. break dulu..




No comments:

Post a Comment